Kamis, 28 Juli 2011

Komputer Cluster

Komputer Cluster merupakan kumpulan komputer pribadi/PC yang dirangkai sehingga membentuk suatu jaringan komputer yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih cepat. dan proses ini disebut Clustering

misalkan dalam pembuatan robotik, disaat kita akan membangun robot kita perlu membagi menjadi 3tim yaitu tim bagian design, bagian pembuatan chassis, dan tim bagian pembuatan program. dimana masing-masing tim tersebut harus bekerja dan menyelesaikan tugasnya. Apabila hanya satu orang yang melakukan semua itu, maka pekerjaan itu akan membutuhkan waktu yang lama.

jadi Penggunaan cluster ini didasari pada kenyataan bahwa umumnya suatu penyelesaian permasalahan dapat dipecah-pecah dalam bagian-bagian kecil, sehingga penyelesaian per-bagian dapat dikerjakan secara terpisah.



Contoh jaringan komputer cluster:


Cluster dibutuhkan jika kita membutuhkan sumber daya besar untuk menyelesaikan suatu masalah, misalnya pencocokan Gen. Apabila kita mencari satu persatu data gen dari database yang ada, maka mungkin akan butuh 6 bulan dengan satu komputer, namun dengan cluster bisa cuman 6 hari bahkan 6 jam atau bahkan 6 menit tergantung kemampuan cluster tersebut.

Sistem Peningkatan Kinerja pada komputer cluster, diantaranya yaitu multiprosesor (secara fisik terbentuk dari 1 prosesor namun kinerjanya 2kali lebih cepat), Kecepatan clock yang lebih cepat, Lebih luas instruksi dan jalur datanya, Lebih cepat akses disk, dan lebih cepat akses memori.

ada juga yang namanya Super Komputer yaitu satu komputer yang mempunyai kemampuan ribuan kali dari komputer pribadi. Namun tentu saja harganya akan sangat mahal dan kalau ada kerusakan maka perlu biaya perbaikan yang besar pula.

Beda dengan cluster. Node cluster terdiri dari PC biasa, jadi kalo rusak maka perbaikan sama dengan memperbaiki PC anda dirumah.

Kelemahan cluster tentunya adalah karena node-node cluster tersebut terpisah maka akan ada delay waktu untuk transfer data diantara node. Dan membuat program di cluster tentu beda dengan membuat program pada satu komputer. Anda harus bisa memecah pekerjaan supaya terdistribusi secara baik diantara node.

Kelebihan cluster dibandingkan dengan super komputer tentunya lebih murah, lebih fleksibel (dapat upgrade sesuai dengan kemampuan).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template by Free WordPress Themes | Design by Ar Cka Winangun | Premium Blogger Themes