1. masuk pada aplikasi matlab, kemudian Aktifkan menu editor
2. Klik New M-File untuk membuka editor kosong
A. Membuat Bunyi Sirene
Pertama kita akan coba membuat bunyi sirene, ketikkan koding berikut pada editor.
%File Name:SIRINE.m
%Oleh: ARCKA SIR200929
fs=8000; % sampling rate
dt=1/fs; % sampling period
dur=2.8;
t=0:dt:dur;
psi=2*pi*(100 + 200*t + 500*t.*t);
xx= 7.7*sin(psi);
sound(xx,fs);
Dengan mengkreasikan fs (sampling rate) dan dt (sampling period) maka akan jadi suara tembakan mainan. Untuk informasi semakin sedikit fs-nya maka akan semakin pelan audionya dan sebaliknya. Untuk menyisipkan komen kita ketikan %. Jadi % yang diatas tidak masuk dalam kategori koding.
fs=10000;
dt=10/fs;
lalu kita rubah lagi dengan mengubah fs dan dt, untuk merubah menjadi suara klik mouse
fs=50000;
dt=1000/fs;
Semakin banyak kita berkreasi suara yang dihasilkan tentunya akan bermacam-macam. Contoh diatas adalah contoh sebagian kecil jika kita merubah koding yang lain tentunya akan beraneka ragam pula hasilnya.
B. BUNYI TELEPON
Fs=8000; t=0:0.001:1.5;
y1=sin(2*pi*852*t)+sin(2*pi*1209*t);
y2=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y3=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y4=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y5=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1336*t);
y6=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y7=sin(2*pi*941*t)+sin(2*pi*1477*t);
wavplay(y1,Fs)
wavplay(y2,Fs)
wavplay(y3,Fs)
wavplay(y4,Fs)
wavplay(y5,Fs)
wavplay(y6,Fs)
wavplay(y7,Fs)
jika kita UBAH Fs=16000; maka akan menghasilkan bunyi telepon yang lebih nyaring. Lalu kita coba mengubah Fs=5000; maka bunyi yang dihasilkan akan lebih pelan.
C. Memanggil contoh suara yang ada di Matlab
clear all;
load chirp %memanggil audio data (MAT files).
sound(y,Fs)
maka hasilnya adalah kicauan burung, chirp itu bisa anda ubah dengan kata gong(hasilnya bunyi gong), splat (bunyi benda jatuh), laughter (bunyi orang tertawa), train (bunyi kereta). Library file sound ini tersimpan di C:\Program Files\MATLAB\R2008b\toolbox\matlab\audiovideo
D. MENCIPTAKAN KREASI BUNYI DAN MEMBUAT PLOT
fs = 8100; % sampling rate
T = 8/fs; % sampling period
t = [0:T:0.80]; % time vector (panjang waktu)
f1 = 48; % frequency in Hertz (frekuensi)
omega1 = 2*pi*f1; % angular frequency in radians
phi = 2*pi*0.90; % arbitrary phase offset = 3/4 cycle
x1 = cos(omega1*t + phi); % sinusoidal signal, amplitude = 1
plot(t, x1); % plot the signal
xlabel('Time (seconds)');
ylabel('x1');
title('Simple Sinusoid');
sound(90*x1, fs); % play the signal; MENENTUKAN HASIL SUARA, SEMAKIN BESAR ANGKA UNTUK MEMAINKANNYA, SEMAKIN LAMA & NYARING BUNYI YANG DIHASILKAN.
Hasil bunyi : tut! (coba kreasikan angka-angka diatas anda akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda)
Hasil plot :
Contoh lain :
phi = 2 * pi * 5; % 1/4 cycle phase offset
x1 = cos(omega1*t + phi); % sinusoidal signal, amplitude = 1
x2 = cos(2*pi*150*t + phi)/3; % sinusoidal signal, amplitude = 1/3
x3 = cos(2*pi*250*t + phi)/5; % sinusoidal signal, amplitude = 1/5
x4 = cos(2*pi*350*t + phi)/7; % sinusoidal signal, amplitude = 1/7
x5 = cos(2*pi*450*t + phi)/9; % sinusoidal signal, amplitude = 1/9
xcomplex = x1+x2+x3; % signal combining
plot(t, xcomplex);
xlabel('Time (seconds)');
ylabel('xcomplex');
title('More Complex Signal');
sound(3*xcomplex, fs); % play the signal
hasil suara : bunyi signal
hasil plot :
0 komentar:
Posting Komentar